SALAM


ASSALAMU ALAIKUM WR. WB, TERIMA KASIH ANDA TELAH BERKUNJUG KE BLOG INI

Senin, 22 Maret 2010

Baitul Arqam Angkatan I untuk Pimpinan , Dosen dan Karyawan Unismuh Makassar



Universitas Muhammadiyah adalah milik persyarikatan Muhammadiyah, untuk itu harus dikelola sesuai dengan maunya pemiliknya, untuk mengelola sesuai dengan maunya Muhammadiyah ,maka pengelolanya harus tahu Muhammadiyah hal inilah yang mendasari sehingga Baitul Arqam dilakukan selama dua hari yaitu mulai sabtu – ahad tanggal 20 -21 Maret 2010. Sasaran pesertanya adalah Pimpinan dan dosen Unismuh dalam hal ini mulai dari rector, pembantu rector, Dekan dan para pembantu dekan ditambah dengan karyawan yang baru masuk ke Unismuh. Dalam Acara ini sebagai penyelenggara adalah Unsimuh Makassar, difasilitasi oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sul-sel. Pada acara pembukaan disambut oleh Rektor Unismuh Makassar dan pengurus BPH dalam hal ini ketua BPH Unismuh Makassar, Ir. H. Syaiful Saleh, Msi sekaligus membuka acara Baitul Arqam.

Para Pembicara yang tampil adalah :

- KH. Jamaluddin Amin, sebagai sesepuh Muhammadiyah dan mantan ketua BPH Unismuh tanpil membawakan materi pertama dengan judul : Nilai-nilai Islam dan inplementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai Islam menurut KH jamaluddin Amin, kalau menurut Al-Qur’an ada dua yaitu iman dan amal saleh, menurut Jibril ada 3 yaitu Iman, Islam dan Ihsan, sedangkan menurut Muhammadiyah ada empat nilai Islam yalitu Aqidah, Ibadah, Akhlak dan mua’malah, sedangkan menurut ulama sekarang nilai Islam ada dua yaitu Aqidah dan syaria’h.

Dalam penyampaiannya beliau menyampaikan nilai-nilai Islam antara lain : iman, takwa, ihsan, musyawarah, adil, ihlas, Ukhuwah, dermawan, dan terakkhir menahan nafsu.

- Pembicara kedua adalah, Drs. KH. M. Alwi, M.Ag. membawakan materi dengan judul , Penguatan idiologi Muhammadiyah

- Pembicara ketiga adalah Prof.Dr. Arifuddin Ahmad membawakan materi jamaah dan dakwah jamaah.

- Pembicara ke empat adalah Drs. KH. Jalaluddin Sanusi membawakan materi Ibadah yaitu Wudhu, mandi, tayammum dan Shalat sesuai dengan tarjih Muhammadiyah.

- Pembicar yang tampil selanjutnya adalah prof.Dr. Qadir Gassing, dan KH Nasaruddin Razak.

Acara Baitul Arqam ini ditutup kembali oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, yang dihadiri kembali oleh Rektor, ketua BPH Unismuh Makassar. Semoga Baitul Arqam ini membuahkan kesadaran dalam bermuhammadiyah dan mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan Alqur’an dan Hadits.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar