SALAM


ASSALAMU ALAIKUM WR. WB, TERIMA KASIH ANDA TELAH BERKUNJUG KE BLOG INI

Selasa, 31 Agustus 2010

Pembuatan Dodol Garut

Pengen Tau, Dodol Garut

Cerita tentang makanan nie.. hehe..hehe jadi laper.. waktu liburan Semester tahun maren... jalan-jalan nie ke garut pake motor ama temen2 kelas.. lumayan mengasyikkan lah.. hehe.. tempatnya bagus-bagus walau jalannya naek turun gitu. Kalo ngomongin soal garut pasti yang terbayang... yang terkenal di garut.. apa yach? pasti na kalo ga Domba.. Dodol na, bukan!!!.... hehe..hehe.. ngomong2 soal dodol nie.. kayak na dodol garut udah lumanyan dikenal oleh masyarakat seluruh indonesia kayak na mungkin dari cita rasanya kali yach..
Dodol garut emang makanan khas dari kabupaten garut, jawa barat. Liat aja ditoko-toko pa dipasar2 di garut.. wah.. rame tuh dodol-dodol... dan setiap daerah pasti ada tuh dodol.. cuma namanya beda-beda kali yach..liat aja banyak tuh ada dodol nanas subang, dodol betawi, dodol cina dan ada pula dodol garut... mungkin masih bayak lagi dodol-dodol yang lain... habis na teu apal.. hehe..hehe. Tapi mungkin yang terkenal saat ini sih emang dodol garut.. kata-katanya nie sekarang dodol garut udah di ekspor ke manca negara... wah hebat bukan.. sebuah prestasi yang membanggakan.
Orang-orang nie banyak yang menyukai dodol garut karena rasanya yang manis dan rasa yang khas yang membedakan dengan dodol-dodol yang ada di indonesia. seperti dodol-dodol lainnya awalnya dodol garut ini merupakan makanan tradisional orang-orang rumahan. trus dodol garut udah dikenal sejak zaman belanda... waw.. udah lama juga yach... noni-noni belanda jago tuh buat dodol garut selain untuk makan sendiri juga untuk di jual.

dodol garut banyak ragamnya lho.. Ada dodol ketan, dodol kacang, dodol buah-buahan, ada pula angleng. Jika kita berkunjung ke toko-toko penjual oleh-oleh khas Garut, akan kita temui berbagai ragam dodol Garut dalam kemasan yang berbeda. Jika dodol ketan dan buah - buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastik, dodol kacang dan angleng biasanya dibungkus dengan daun jagung kering. Berbagai jenis.
Mau?... lebih enaknya dateng aja langsung ke daerahnya.. biar tau makan dodol asli garutnya.... hehe..hehe..
Bahan-bahan yang dibutuhkan Untuk membuat dodol garut :
Tepung ketan 16-17 kg, tepung terigu 1 kg, gula pasir 30 kg, lemak sapi secukupnya, mentega secukupnya, pewarna makanan (jika diperlukan), bubuk coklat (jika diperlukan), kelapa 25 butir (dibuat santan kental dan santan cair).
cara pembuatannya :
1. Santan kental dimasak di dalam wajan besar hingga mendidih.
2. Adonan tepung yang sudah dicampur dengan santan encer dimasukkan ke dalam wajan.
3. Aduk terus sampai 80 persen matang, jika perlu dicicipi.
4. Masukkan gula, sambil aduk terus.
5. Masukkan lemak sapi, sambil diaduk terus.
6. Masukkan penyedap coklat/pewarna jika diperlukan, sambil diaduk terus hingga matang 100 persen.
7. Angkat dari kompor, masukkan ke dalam loyang-loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Didinginkan selama satu malam.
8. Keesokan harinya, dodol siap dipotong-potong dan dibungkus. Dodol yang diproduksi ini menjadi sekitar 59-60 kg dodol bungkus.
Menurut Dinas Perindag KUKM kab. garut wilayah pemasaran dari dodol garut sudah dipasarkan di hampir seluruh wilayah indonesia dan manca negara yakni Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali , Brunai, Malayasia, Jepang, Arab Saudi, Singapura, Inggris.
reference by pemerintah kab. garut (garutkab.go.id)
sumber: http://bahar-edukasi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar